Wednesday, May 24, 2006

Win2003+SQL2000Svr: Port 1433 Problem

Sejak minggu lalu staff IT Call Center PLN Makassar menginstall ulang server database yang terganggu registry operating sistemnya karena salah install firewall yang mengakibatkan console windows tidak muncul. Walaupun akhirnya dapat saya betulkan dengan mengupdate windows, tetapi lebih safe kelihatannya kalau di-install ulang sekalian biar benar-benar fresh dan siap tempur sebagai server yang akan bekerja 24 jam non-stop.
Masalah muncul ketika komputer lain tidak dapat connect ke server database yang baru aja di-install. Ternyata masalahnya karena port 1433 yang merupakan port server database untuk connection tidak terbuka atau tidak ter-binding dengan server database, sehingga server database tidak dikenal oleh komputer lain. Hanya komputer local yang bisa connect, itupun karena komputer local menggunakan Interconnection Proccess Communication (IPC) untuk koneksi ke server database.
Ms SQL 2000 Service Pack 4 di-install pun tidak merubah keadaan. Ternyata solusinya adalah dengan hanya mencantumkan protocol TCP/IP saja di tools Server Network Utility, default port 1433, lalu restart server database dan walaaa... port 1433 pun muncul.
Dari banyak literatur yang sempat dibaca, kadang masalahpun bisa datang dari client, oleh karena itu disarankan untuk men-setting port dynamic pada Client Network Utility - TCP/IP.