Thursday, May 4, 2006

QBQ! The Question Behind The Question

The Question Behind The Question (QBQ) adalah sebuah fenomena yang membahas tentang isu yang paling penting dalam bisnis dan bermasyarakat, yaitu tanggung-jawab personal (personal accountability).
Kurangnya tanggung-jawab personal menyebabkan situasi yang saling menyalahkan, banyak keluhan, dan kurangnya tanggung-jawab pada tugas. Tidak ada organisasi ataupun personal yang dapat mencapai tujuan, bersaing, mengejar visi, atau membangun tim tanpa adanya tanggung-jawab personal.
Solusinya berupa pendekatan baru, dimana kita tidak boleh lagi bertanya seperti "Siapa nih yang membuat masalah?", "Mengapa sih mereka tidak dapat melakukan pekerjaannya dengan baik?", "Mengapa kita harus berubah?", tetapi lebih baik kita mempertanyakan The Question Behind The Question (QBQ), "Bagaimana saya dapat memperbaiki situasi ini?", "Apa yang dapat saya bantu?", "Bagaimana saya dapat membuat perubahan?".
Sangat proaktif, memberikan contoh kepada yang lain, dan praktis. QBQ memberikan metode untuk meningkatkan tanggung-jawab personal setiap hari, yang akan memberikan hasil yang sangat luar biasa, antara lain: terselesaikannya masalah, mengurangi hambatan, meningkatkan servis, meningkatkan kerja-sama, dan lebih siap beradaptasi terhadap perubahan.

Buku:
QBQ The Question Behind The Question

Practicing Personal Accountability in Work and in Life
Pengarang John G. Miller