Monday, May 6, 2013

Trilyunan rupiah di bisnis kelautan


Apakah Anda tahu berapa trilyun rupiah perputaran uang di bisnis bidang kelautan di Indonesia?



Bayangkan, menurut perhitungan para ahli kelautan dan info dari berbagai institusi dunia, hasil tangkapan di laut Indonesia mencapai 52% dari total produksi tangkapan hasil laut di seluruh negara dalam setahun.

Bahkan menurut FAO, badan PBB yang menaungi berbagai info tentang pangan dan pertanian, Indonesia merupakan produsen ikan terbesar di dunia, dengan data tahun 2006 menghasilkan bobot produksi sebanyak 87,1 juta ton.


Itu pun masih belum semua peluang digarap. Masih banyak bagian dan peluang

Bapak Yuri Pratama adalah salah satu pelaku usaha kelautan yang telah memiliki banyak lokasi usaha di berbagai pesisir pulau-pulau di Indonesia. Berbeda dengan banyak pengusaha mapan yang cuma ingin hidup tenang, Yuri rupanya ingin menggiatkan usaha di sektor kelautan dengan mengajak masyarakat sebagai partner, karena bisnis di sektor kelautan yang menurut ahli kelautan bernilai sekitar 14.994 trilyun rupiah ini akan lebih baik jika dijalankan bersama-sama dan bisa menghidupi masyarakat terutama masyarakat di sekitar pesisir pulau.

Berkat usahanya yang gigih, bapak Yuri telah menerima beberapa kali penghargaan, dan usahanya untuk membagi ilmu usaha kelautan ke masyarakat mendapat sambutan dan dukungan dari banyak pihak, dan diundang untuk menjadi dosen tamu di beberapa pelatihan dan lembaga seperti LPPM UI dan Rhenald Khasali School of Entrepreneur.

Bekerja sama dengan bapak Yuri, kami dari komunitas bisnis menyelenggarakan sebuah workshop sambil travel yang kami namakan Edubiztrip untuk membantu Bapak dan Ibu sekalian melihat peluang-peluang usaha apa saja di bidang kelautan sekaligus berkeliling pulau di Indonesia, melihat langsung kecantikan pantai pasir putih, dan menikmati keindahan alamnya.

Bapak dan Ibu akan langsung melihat dari dekat usaha di bidang kelautan sekaligus menikmati keindahan pulau serta laut Indonesia, jadi boleh dibilang belajar sekaligus refreshing, ilmunya dapat, otak tenang, dan hati senang. Karena ini semacam ekspedisi edukasi, maka ilmunya langsung didapat dari pengalaman sehingga informasinya lebih kaya karena dari banyak aspek.

Acara Edubiztrip ke-2 ini akan berlokasi di 3 pulau di sekitar kepulauan seribu Jakarta Utara. Betul bukan hanya 1 pulau, tetapi 3 pulau sekaligus yaitu pulau Pari, pulau Nusa Keramba, dan pulau Tidung.

Bapak dan Ibu akan kami ajak naik speedboad dari Marina Ancol yang kami sewa khusus untuk acara ini selama satu hari penuh untuk mengantar kita semua belajar sambil bersenang-senang.
Melihat budidaya di keranda apung

Isi Edubiztrip ini antara lain:

7.00  kumpul di dermaga Marina Ancol
7.30  berangkat ke Kepulauan Seribu
8.30  tiba di pulau Pari
8.30  on field workshop dan studi lapangan budidaya bulu babi dan rumput laut
10.30 berangkat ke pulau Nusa Keramba
11.20 tiba di pulau Nusa Keramba
11.30 studi lapangan budidaya ikan
12.30 makan siang, istirahat, ibadah sholat di pulau Nusa Keramba
14.00 berangkat ke pulau Tidung
14.30 sampai di pulau Tidung
14.30 acara bebas/ wisata bahari di pulau Tidung
16.00 pulang ke Marina
17.00 tiba di Marina Ancol

Biaya?
Bisa di cek ke travel terdekat, biasanya biaya paket wisata untuk mengunjungi 1 pulau di kepulauan seribu sekitar 1-2 juta rupiah per pulau, kalau mengunjungi 3 pulau kira-kira berapa biayanya?

Berhubung ini merupakan salah satu program pemerintah dan alhamdulillah masih di support oleh sebuah perusahaan nasional, maka biaya untuk mengikuti Edubiztrip ini hanya 1,5 juta saja per-orang, atau 2,5 juta untuk daftar berdua. Tapi sebentar, kita memberikan harga khusus super diskon hanya 999.000 per-orang, atau 1.899.000 untuk daftar berdua khusus hanya untuk 10 orang yang daftar pertama dan sebelum tanggal 15 Mei 2013.

Agar mempermudah, Bapak dan Ibu boleh memberikan booking fee hanya sebesar 500rb per orang dan langsung namanya dicatat sebagai peserta dengan segera menghubungi bagian pendaftaran Edubiztrip karena jumlah peserta dibatasi.

Karena keterbatasan jumlah kursi pada speedboat dan agar acara workshop lebih menyenangkan, maka jumlah peserta dibatasi hanya 25 orang saja per trip.

Jadwal Edubiztrip selanjutnya ada 2 trip, yaitu akan diadakan pada tanggal 30 Mei 2013, kemudian tanggal 16 Juni 2013 hanya untuk masing-masing 25 orang peserta saja tiap trip, jadi silahkan dipilih tanggal berapa mau ikut Edubiztrip mengenai potensi kekayaan kelautan ini.

Pendaftaran dan informasi silahkan menghubungi:

Budi Rachmat
HP / WA: + 62 8788 3249 553
email: budi_rachmat@yahoo.com
pin bb: 30a5ffed
twitter: @budi_rachmat
Bank Mandiri no rek 123.00.0623078.5 KCU Jakarta Cikini

Ferdi Ramdhon
HP / WA: + 62 838 121 99777
email: ferdirn@gmail.com
pin bb: 28921795
twitter: @ferdirn
Bank BCA no rek 7300034335 Cabang Duta Mas Fatmawati Jakarta


Partner Community: