Tuesday, November 27, 2012

Janji ke pelanggan

Sering saya mengamati janji-janji para pedagang yang mampu menarik para calon pembeli untuk membeli kepadanya. Kadang janjinya agak kurang masuk akal, misal:

Jasa pengiriman membutuhkan waktu rata-rata 3 hari untuk sampai ke si penerima tetapi pengalaman penjual yang beberapa kali menerima info kalau pengirimannya sampai 1-2 hari saja kemudian meyakinkan calon pembeli kalau pengirimannya akan sampai dalam 2 hari kerja.

Menurut saya ini konyol karena menjanjikan sesuatu yang tidak bisa kita kontrol. Kalau yang dijanjikannya adalah waktu produksi itu masih masuk akal karena produksi itu kita yang kerjakan maka waktu produksi ada di dalam kontrol kita. Tapi pengiriman barang dikerjakan oleh pihak lain, dan pihak ekspedisi bisa memberikan janji waktu 3 hari, tapi kalau 2 hari sudah sampai ya itu adalah bonus dalam bentuk pelayanan.

Tapi perusahaan ekspedisi itu sampai sekarang gak mengubah waktu pengirimannya dari 3 hari menjadi 2 hari seperti hasil pengalaman si pedagang, padahal perusahaan ekspedisi pasti lebih tahu bahwa beberapa kali bisa mengirim lebih cepat.

Kalau janji tidak ditepati maka pelanggan akan kecewa, akibat dari pedagang yang over promise.

Selalu gunakan logika yang mudah, dan hati-hatilah berjanji kepada siapapun.

Terima kasih,

Ferdi Ramdhon
Follow twitter @ferdirn