Ngobrol sana-sini ternyata saya belum menangkap apa keunggulan atau diferensiasinya dari produk yang ada. Ketika ditanya apa keunggulannya maka dijawab mengenai proses pembuatan, bahan baku, rasa lebih enak, dan hal-hal lain yang sulit diukur oleh calon pembeli.
Saya bertanya apakah produk tersebut bisa membawa manfaat lebih besar atau manfaat baru dibanding merek yang sudah ada, dijawab semua merek sebetulnya sama saja gak ada kelebihannya.
Teman saya menginginkan agar saya lebih mendahulukan menjual produknya daripada merek lain yang ada tetapi saya tidak diberi "senjata pamungkas" yang mampu mengalihkan minat konsumen terhadap merek tertentu.
Dengan sopan tentu saya meng-iya-kan keinginan teman saya tersebut, tapi kecil kemungkinan calon pembeli dapat dirayu agar mau membeli produk tanpa alasan kuat.
Produk tanpa keunggulan bersaing yang kuat hanya akan menjadi produk rata-rata saja, walaupun punya sales team yang tangguh pun tetap agak sulit menjualnya dibanding produk yang dari awal di desain untuk memiliki suatu keunggulan bersaing yang kuat atau yang khas.
Terima kasih
Ferdi Ramdhon
http://ferdiramdhon.blogspot.com